Lap Kegiatan Waka Kesiswaan 2017/ 2018

0
8

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah  memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan dan penyusunan program kerja Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan Tahun  Pelajaran  2017-2018.

Program kerja ini disusun berdasarkan berbagai acuan, pemikiran dan pengalaman pelaksanaan program kerja pada tahun pelajaran sebelumnya serta saran pendapat dan masukan berbagai elemen dan pihak-pihak yang berkepentingan seperti:

  1. Instruksi tertulis / Edaran kepala Madrasah tentang tugas pokok Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan.
  2. Visi misi dan strategi yang hendak dicapai.
  3. Suara rekan Pembina OSIS/OSIM dan rekan pengajar dan karyawan.
  4. Pengurus OSIM dan siswa/MA Banin Tajul Ulum Brabo.
  5. Pemikiran penyusun dalam rangka pelaksanaan dan tuntutan tugas dilandasi juklak dan juknis buku pedoman Pembina kesiswaan.
  6. Pengurus komite Madrasah.

Didasari keberadan siswa di Madrasah sebagai subjek dan pusat kegiatan yang kompleks maka pelaksanaan kegiatan bersifat skala prioritas yang penjadwalan kegiatannya disesuaikan anggaran, situasi dan  kondisi serta waktu akademik yang tersedia.

Partisipasi aktif siswa lebih diarahkan kepada keseimbangan kemampuan akademik dan nonakademik sesuai minat dan bakatnya, sehingga siswa memiliki keuntungan ganda.

Dengan demikian diharapkan siswa yang berbakat dan kreatif, maupun siswa yang extrim pelanggaran tata tertib siswa terarahkan, terwadahi dan tersalurkan melalui pembinaan dan para Pembina OSIS dan pendidik diharapkan keberadaan Madrasah semakin maju dan Madrasah sebagai tempat pusat belajar. Semakin dipercaya semua pihak sehingga masyarakat memberi nilai yang makin meningkat serta terbentuk kepercayaan publik ke Madrasah yang akhirnya bermuara pada kesejahteraan warga atau keluarga besar MA Banin Tajul Ulum Brabo.

Menyadari kekurangan-kekurangan penyusun dalam pembuatan program dan laporan hasil kegiatan ini, maka diharapkan dapat memberikan masukan saran dan kritik berbagai pihak demi penyempurnaan penyusun program-program serupa khusunya program kerja Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan di masa yang akan datang merupakan referensi yang amat berharga serta merupakan satu kekayaan yang tak ternilai yang kami nantikan.

Mudah-mudahan program kerja ini dapat dijadikan acuan dan gambaran kami dalam melaksanakan tugas pada Negara dan bangsa di dunia pendidikan sesuai tujuan pendidikan nasional khususnya di MA Banin Tajul Ulum Brabo dengan visi dan misi Madrasah sebagai tolak ukur keberhasilan kerja Madrasah, amin.