EMIS Harus Teliti dan Cermat Dalam Penunjang Data

0
209

Grobogan – Data dan informasi memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang tercapainya tujuan dari suatu instansi. Karena apabila suatu instansi kurang mendapatkan dukungan informasi yang berkualitas, maka dalam waktu tertentu akan mengalami kesulitan dalam mengontrol sumber daya, sehingga proses pengambilan keputusan yang strategis akan mengalami kesulitan, mengambil langkah pemecahan masalah tersebut Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan melalui seksi PAIS melaksanakan sosialiasasi penguatan tenaga pengolah data pada Pendidikan Agama Islam tahun 2017. Rabu (12/17) bertempat di Aula PKPRI Purwodadi.

Dalam laporannya panitia Musyarofah yang mewakili Plt.Kasi Pais mengatakan, sosialisasi yang diikuti 50 peserta oleh Pengolah Data EMIS PAI dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK  se Kabupaten Grobogan.bertujuan untuk memberikan informasi dan pembekalan kepada  tenaga guru pengolah data EMIS PAI,menggantikan sistem manual dengan berbasis online dan meningkatkan kualitas ilmu pendidikan agama islam dalam hal pelayanan penguatan data,”katanya.

Hambali sebagai Kepala Kantor Kemenag Kab.Grobogan, dalam sambutannya menyampaikan dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan keagamaan islam diperlukan sebuah perencanaan dan pengambilan kebijaksanaan yang efektif, efisien, tepat guna dan tepat sasaran guna merealisasikan visi dan misi pendidikan islam secara nasional.sehingga perlu digunakan aplikasi berbasis online berupa EMIS,”Ungkapnya.

Lebih lanjut EMIS bisa meningkatkan kemampuan para guru PAI dalam mengelola serta memenuhi permintaan data dan informasi yang akurat dan tepat waktu serta meningkatkan keterampilan dalam mengembangkan pengelolaan data berbasis IT pada lembaga pendidikan masing-masing,”jelas Hambali.

Hambali menambahkan, akurasi data dari satu pintu sebagaimana EMIS ini harus dilaksanakan dengan teliti dan cermat, karena data tidak hanya sebagai sumber informasi tetapi juga sumber kebijakan. Dengan maksud tersebut, pemutakhiran data adalah hal mutlak yang harus dilakukan, mengingat dinamika pendidikan selalu mengalami perubahan tiap semester. atau tahun pelajaran,”Imbuhnya

Karena EMIS digunakan untuk Seleksi program sertifikasi guru, verifikasi dan validasi NRG dan Impasing, jumlah siswa, basis data  perencanaan TPG, dan penataan pendistribusian guru,”Pungkasnya.(