Karnaval 1 Muharram

0
316

Menyambut bulan tahun baru islam 1 Muharram 1438 H atau orang jawa menyebutnya 1 Suro dimana pada tahun baru islam ini  Yayasan Tajul Ulum Brabo memiliki tradisi pawai karnaval 1 Muuharram  dalam setiap tahunnya (sabtu/01/07/2016). Dalam pawai ini dimeriakan oleh ribuan masa terdiri dari tingkatan  Madrasah Ibtidaiyah (MI), MTs Banin (Putra), MTs Banat (Putri),MA Banin & MA Banat  yang ada dibawah naungan Yayasan Tajul Ulum Brabo.

Keluarga besar MA Banin TU Desa Brabo, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, menggelar peringatan Hari 1 Muharam, Sabtu (01/7/2016) pagi. Kegiatan berlangsung hikmat, karena dimulai dengan upacara di halaman sekolah. Selain siswa MTs, SD, tampak pula anak-anak dari RA  dan PAUD, Desa Brabo.

Karnaval 1 Muharram hari ini berbeda, karena pesertanya menggunakan pakaian adat, Hijab dan didominasi kebaya untuk pakaian perempuan. Pembina upacara dari salah satu guru, Masfia, menjelaskan, kalau acara ini murni kreativitas anak-anak, terutama untuk memeriahkannya.

Acara tersebut bertema “BERHIJRAH UNTUK MENJADI LEBIH BAIK”  banyak dari madrasah” yang berpartisipasi dengan menampilkan karya” mereka sendiri dan banyak juga yang menyewa alat dari acara lain yang juga masuk dalam kriteria tema tersebut,seperti replika hewan atau benda yang bersejarah dan juga memiliki arti dari maksud tema di atas tetapi ada juga replika dari patung” yang tidal sesuai dari tema yang di tentukan dari ketua pelakasan kirab 1 muharrom tersebut seperti gorilla,udang,naga walau demikian acara kirab 1 muharrom tetaplah meriah dan dapat menghibur masyarakat sekitar yang melihar kirab karnaval tersebut.(kg.Arief)