MATSAMA, Masa Ta’aruf Siswa MA Tajul Ulum

0
90

Brabo–  MASA TA’ARUF SISWA MADRASAH (MATSAMA) MA Tajul Ulum masa tahun ajaran baru 2018/ 2019 telah dimulai Minggu(15/7/2018) di Aula Madrasah Aliyah Tajul Ulum dengan diikuti peserta tidak kurang dari 200 siswa. Team Panitia dan OSIS mengadakan sosialisasi, komunikasi bagi siswa baru yang akan menjalani Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) dengan penuh semangat dan suka cita. Bapak S. Ali Wafa, S. Pd.I selaku wakil kepala bagian kesiswaan dan juga Panitia juga turut memberikan pengarahan seputar MATSAMA digaris depan.

Pada tahun sebelumnya, Masa Orientasi Siswa di madrasah dikenal dengan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Namun, dimulai pada tahun ajaran 2017/2018 istilah PLS diganti menjadi MATSAMA sampai sekarang. Pergantian istilah tersebut dinilai sangat bagus karena sangat memperlihatkan ciri khas madrasah sebagai sekolah bertaraf dan basicly agama Islam.

Tujuan Matsama

  1. Mengenali potensi diri siswa baru;
  2. Mengenalkan lingkungan madrasah kepada siswa baru;
  3. Mendorong siswa untuk bersikap proaktif dalam mengenali seluruh civitas, sehingga timbul perasaan lebih aman dan nyaman dan tercipta rasa persaudaraan;
  4. Mendorong siswa untuk memulai kebiasaan belajar bersama, berkelompok melalui diskusi;
  5. Memotivasi siswa agar merasa bangga terhadap madrasah yang dipilihnya sehingga dapat memahami dan melaksanakan aturan-aturan madrasah yang baru dengan baik;
  6. Menyadari akan pentingnya menjaga nama baik dan memberikan kontribusi yang positif baik secara internal maupun eksternal terhadap almamater;
  7. Memberikan kesan positif dan menyenangkan kepada siswa baru tentang lingkungan madrasahnya yang baru;
  8. Menumbuhkan prilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja dan semangat gotong royong.

Kegiatan ini kami selenggarakan untuk lebih mempersiapkan keperluan siswa sebelum mengikuti MATSAMA nanti,” Tambah Bapak Waka Kesiswaan ini.

“Dari 210 siswa yang mendaftar di MATU, hanya sebanyak 200 siswa yang sudah melakukan daftar ulang dan yang diterima sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan pihak madrasah”. Kata Panitia PPDB Sofi Mubarok ditemui redaksi.

Bapak Kamad  H. Ahmad  Mohdlori, S.Ag., M.S.I menyampaikan ketika Penutupan Raker 2018, “MATSAMA harus relevan dan berazazkan mamfaat. Kita (Dewan Guru & Panitia) tidak boleh melakukan kegiatan yang membuat siswa tidak betah di madrasah, tidak menutup mata sisi positif dari Masa Orientasi Siswa memang perlu dilaksanakan. Pengenalan sejak dini terhadap lingkungan sekolah dan madrasah, sistem dan tradisi akademik, pengembangan diri dan bagaimana menjadikan sekolah sebagai wahana efektif pembentukan kepribadian. Namun sayangnya harus sedikit ternodai berbagai kasus demi kasus utamanya kekerasan yang berakibat fatal nyawa melayang. Hal lainnya adalah MOS/ MATSAMA juga telah disalahgunakan sebagai ajang perpeloncoan yang jelas-jelas tidak mencerminkan nilai-nilai akademis. Tugas-tugas yang memberatkan, pakaian dan atribut yang lucu, pemborosan dan irrasional. ”

Matsama adalah istilah baru pengganti dari Masa Orientasi Siswa (MOS) di kalangan madrasah yang sudah diterapkan secara serentak pada tanggal 18 Juli 2016. Tidak sekadar ganti nama, namun ada perubahan paradigma pagelaran dan ritus Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di madrasah yang sudah berjalan puluhan tahun.

Kegiatan Matsama kata H. Abdurrohman, S.Pd.I Ketua Yayasan Tajul Ulum berpesan singkat di sela-sela Raker yang dikutip redaksi, MOS wajib berisi kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif, dan menyenangkan. Imbuh-nya perencanaan dan penyelenggaran kegiatan Matsama menjadi hak guru untuk direncanakan sedemikian rupa supaya mamfaat dan menarik.

Kementerian Agama melarang pelibatan siswa senior (kakak kelas) dan atau alumni sebagai penyelenggara. Dengan paradigma baru itu, Kementerian Agama bertekad menjadikan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah harus zero kekerasan dan kemubaziran. Matsama bagi siswa baru dilaksanakan pada minggu pertama awal tahun pelajaran, dan diakhiri dengan karnaval oleh seluruh lembaga dibawah naungan Yayasan Tajul Ulum Brabo keliling Desa Brabo yang dimulai JAM 09.00 wis sampai selesai hari Selasa. Dalam pawai ini dimeriakan oleh ribuan masa terdiri dari tingkatan, MTs Banin (Putra), MTs Banat (Putri),MA Banin & MA Banat  yang ada dibawah naungan Yayasan Tajul Ulum Brabo.

Selamat datang di MA Tajul Ulum Brabo dan mengikuti Matsama bagi adik-adiku semoga menjadi pengalaman menarik dan menyenangkan. 🙂