MGMP KKM-02 dalam rangka Peringatan Amal Bakti Kemenag ke-73

0
126

Njeketro– Madrasah Aliyah se KKM-02 sebanyak 15 Madrasah setelah upacara bendera di lembaga masing-masing mengadakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Se-KKM dimulai pukul 09.00 bertempat di MA Futuhiyyah Jeketro untuk Tahun Anggaran 2018/ 2019 dihadiri Bapak Drs. Mad Said, M.Pd.I Kasi PENMA, dengan Tema: MGMP Bedah SKL UNBK, UAMBN-BK, dan UAMBN Genggank Tani Jeketro Grobogan (Kamis, 3/1/19).

 

Kegiatan ini di selenggarakan dalam rangka KKM 02 yang berupaya untuk dapat mengadakan UAM, mid semester dan Ujian Semester mandiri dengan pembuatan soal sendiri yang biasanya mengambil soal dari K4M atas nama MA FUTUHIYAH MRANGGEN kata Bapak H. Ahmad Mohdlori, S.Ag. M.S.I Ketua KKM 02, Kepala Ma’arif Kab.Grobogan dan sekaligus Kamad MA Tajul Ulum Brabo. Acara ini di ikuti peserta sebanyak 100 an guru kelas XII mapel UN , dan semua Kamad di Lingkungan KKM 02.

Dilain kesempatan Bapak Kasi PENMA meminta semua guru mengevaluasi kinerja dan yang memungkinkan merevisi semua perangkat KBM baik kisi-kisi, RPP, Silabus, journal untuk kebaikan madrasah masing-masing. Untuk Narator MC acara ini adalah beliau Bapak Ngabdul Syukur, M.Pd.I Kamad MA Banat Tajul Ulum. Do’a penutup didapuk kepada beliau Bapak Muh Sueb Kamad MAN 2 Gubug di akhir kegiatan acara.

Menurut Bapak Kasi PENMA, Kegiatan ini adalah even positif dimana gebrakan mandiri pembuatan soal untuk mengubah budaya kerja anggota kelompok kerja atau musyawarah kerja (meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan kinerja) dan mengembangkan profesionalisme guru melalui kegiatan – kegiatan pengembangan profesionalisme di tingkat MGMP, pembuatan soal mandiri ini juga bisa meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik Ujarnya. Terakhir pinta beliau semua guru mengevaluasi dan yang penting merevisi utk kebaikan madrasah masing-masing.

Tambah Bapak Mohdlori mengatakan, Kegiatan ini antara terobosan satu langkah dan penting sekali jika hal ini bisa Direalisasi.

Dilain tempat, wawancara dengan salah satu peserta MGMP bahasa inggris Ibu Sugiarti guru MA YAFALAH menyampaikan jika terobosan ini terealisasi artinya ada perubahan terbaik di KMM 02, dimana ada mutiara cemerlang yang diikuti dengan prestasi kedepan. Oleh karena itu, ikuti kegiatan ini dengan baik, yang pasti dapat menyerap ilmunya dengan baik, jangan sampai tidak ada out put nya, dan memperluas wawasan dalam penyusunan silabus, strategi pembelajaran dan mengembangkan prestasi, sehingga mutu pendidikan madrasah lebih baik lagi ke depannya.

Menurut redaksi Acara Inti MGMP dengan Goal utama pembuatan soal mandiri ini sangat bagus jika pembuatan soal mandiri yang dipandegani KKM 02 diikuti dengan profesionalisme panitia yang bersangkutan:pengeditan soal tidak amburadul, kunci jawaban diikut sertakan, masalah klasik cetak & distribusi, harus disosialisasi dan dipikirkan dengan matang supaya tidak terjadi masalah pada hari H ujian.