Profile

PROFIL MADRASAH ALIYAH TAJUL ULUM
BRABO TANGGUNGHARJO GROBOGAN

I.SEJARAH BERDIRINYA

Sejarah dan perkembangan Madrasah Aliyah Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan, tidak bisa lepas dari berdirinya Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Brabo yang berdiri pada tahun 1941 M didirikan atas prakarsa Al Magfhfurlah KH Syamsuri Dahlan yaitu ayah KH A Baedlowi Syamsuri,Lc.H. Pada mulanya Pesantren ini hanya mengelola santri putra saja, namun setelah pucuk pimpinan dipegang oleh KH Ahmad Baedlowi Syamsuri Lc.H yaitu pada tahun 1990 telah berdiri pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Putri yang berorentasi pada Tahfidzul Quran ( yaitu metode pemahaman dan menghapal Al Qur’an 30 Juz) dan Alhamdullilah sampai pada tahun 2005 ini tercatat telah berhasil mencetak 315 santri putri yang telah hapal Alquran 30 Juz diluar kepala.

Pondok Pesantren inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Madrasah yang dikelola oleh Yayasan Tajul Ulum, yaitu pada tahun 1953 berdiri Madrasah Diniyyah Awaliyah, tahun 1960 berdiri Madrasah Diniyah Wustho, tahun 1975 berdiri Madrasah Tsanawiyah dan akhir tahun 1985 berdiri Madrasah Aliyah.

Pada awal berdirinya Madrasah Aliyah Tajul Ulum ( 1985) hanya mengelola 12 siswa dan alhamdulillah setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup baik, baik secara kuantitatif dalam jumlah maupun kualitatif dalam mutu pendidikan. Pada tahun 1986 MA Tajul Ulum resmi tercatat di Kandepag Propinsi Jawa Tengah dengan status terdaftar dengan nomor piagam: Wk/S.d/146/Pgm/MA/1986 dan pada waktu itu pimpinan Madrasah adalah KH.M Anshor Syamsuri yaitu adik kandung KH A Baedlowi Syamsuri,Lc.H.

Pada tahun 1996 Madrasah Aliyah Tajul Ulum mengajukan permohonan Akriditasi untuk status diakui dan akhirnya dikabulkan dengan surat keputusan Direktur Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor : 69/E.IV/PP.03.2/KEP/VII/1996. Pada waktu itu kepala Madrasah dijabat oleh Drs Nurhadi. Dengan status diakui MA Tajul Ulum mengalami perkembangan jumlah siswa yang luar biasa, sehingga pada tahun pelajaran 2004/2005 sekarang ini, di bawah Kepala Madrasah Ahmad Muhdlori, S.Ag. jumlah siswa tercatat 551 orang.

Mengingat perkembangan jumlah siswa yang begitu banyak serta tuntutan masyarakat, maka MA Tajul Ulum pada tahun pelajaran 2004/2005 telah membuka semua jurusan dengan tujuan merespon keinginan masyarakat akan tersedianya lembaga pendidikan yang memiliki perhatian yang lebih besar terhadap semua bidang ilmu.

Dan dengan banyak program pilihan berarti masyarakat dapat memilih alternatif jurusan yang ada untuk menunjang masa depanya. Dengan demikian Madrasah Aliyah Tajul Ulum sampai pada tahun pelajaran 2017/2018 ini memiliki program IPA, IPS dan Keagaman
Dari sejarahnya, tampak jelas bahwa Madrasah Aliyah Tajul Ulum memiliki ikatan batin yang sangat kuat dengan Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin, sedangkan secara fisik letak antara keduanya berdampingan, diantara keduanya ibarat saudara sekandung yang saling menguntungkan karena siswa siswinya sebagian besar dari pondok pesantren yang ada disekitarnya. Disamping siswa siswi dapat bertempat di pondok ,juga mendapat tambahan ilmu-ilmu agama Islam seperti nahwu, shorof, fiqih, Al Qur’an dll. Yang bercirikan Ahlus sunah waljama’ah dengan menganut salah satu madzhab 4 yaitu Syafi’i, Hambali, Maliki dan Hanafi.

II.VISI DAN MISI

Madrasah Aliyah Tajul Ulum dalam melaksanakan segala kegiatannya senantiasa didasarkan pada Visi, Misi, dan Tujuan yang telah ditetapkan. Adapun mengenai Visi, Misi, dan Tujuan tersebut adalah :

Tujuan :

1.Menghimpun anak didik yang memiliki bakat khusus, kemauan tinggi untuk dapat dikembangkan secara optimal

2.Untuk dijadikan pusat keunggulan sehingga tercipta persaingan yang sehat dan mandiri

3.Mengupayakan peserta didik yang memiliki kemampuan ilmu dan bakat tingkat propinsi maupun nasional

4.Mampu menciptakan 8 K dan 5 T secara sadar dan bertanggungjawab

 

III. STRUKTUR ORGANISASI MADRASAH
1. Badan Pendiri : KH A Baedlowi Syamsuri,Lc.H
: KH M Ansyor Syamsuri
: K. Abdul Wahab
2. Ketua Yayasan : K Abdurrahman
3. Kepala Madrasah : H.Ahmad Mohdlori, S.Ag. M.S.I
4. Waka.ur Kurikulum : Priyono Atmojo,ST
5. Waka.Ur Kesiswaan : S.Ali Wafa, S.Pd.I
6. Waka.Ur Humas : Asmat, S.Si
7. Waka.Ur Sarpras : Sujadi, S.Pd
8. Kordinator BK : Ali Mas’udi, M.Pd.I
9. Kepala TU : K.Khoirul Huda

IV. KEADAAN TANAH DAN GEDUNG
1. Status gedung : Milik sendiri
2. Sifat : Permanen
3. Jumlah Kelas : 15 ruang
4. Luas tanah seluruhnya : 10.350 M2
a. Luas tanah untuk dibangun : 8.310 M2
b. Luas kebun Madrasah : 0
c. Luas tanah pekarangan : 99 M2
d. Luas tanah yg sudah dibangun : 6.410 M2
e. Luas lapangan olahraga : 150
5. Status tanah : Hak Milik
6. Keadaan Gedung
a. Ruang Belajar : 19 ruang
b. Ruang Kepala : 1 ruang
c. Ruang guru : 2 ruang
d. Ruang Tata Usaha : 1 ruang
e. Ruang BP/BK : 1 ruang
g. Ruang alat olahraga : 1 ruang
h. Kantor OSIS : 1 ruang
i. Ruang Perpustakaan : 2 ruang
j. Laboratorium bahasa : 1 ruang
k. Laboratorium IPA : 1 ruang
l. Laboratorium Komputer : 1 ruang
m. Tempat Ibadah/masjid : 2 buah
n. Kamar mandi/Wc : 45 buah
o. Kamar tidur santri : 47 ruang
q. Ruang Tamu : 2 ruang
r. Ruang serbaguna : 2 ruang
s. Kantor pondok : 1 ruang
t. Poliklinik : 1 ruang
u. Koperasi : 1 ruang

5.DATA GURU
a. Jumlah Guru MA : 36 orang
b. Guru Tetap Yayasan : 38 orang
c. Guru Tidak Tetap : 31 orang
d. Guru Kontrak : – orang
e. Staf Tata Usaha : 3 orang
f. Pesuruh/kebersihan : 2 orang

Brabo, 17 Juli 2017
Kepala Madrasah

 

H.Ahmad Mohdlori, S.Ag. M.S.I