Profile

MA TAJUL ULUM adalah lembaga di bawah naungan Yayasan Tajul Ulum Brabo merupakan sebuah Yayasan yang didirikan oleh Al Maghfurlah KH.Syamsuri Dahlan yaitu ayah dari KH.Ahmad Baedlowi Syamsuri, Lc.H. yang terletak di desa Brabo kecamatan Tanggungharjo , kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

Sejarah Berdirinya Lembaga Pendidikan berbasis keagamaan dan perkembangan (MTs) Madrasah Tsanawiyah kemudian bertransformasi menjadi dua lembaga MTs banat (putri) , MTs banin (putra) dan (MA) Madrasah Aliyah Tajul Ulum Brabo Tanggungharjo Grobogan juga kemudian bertransformasi menjadi dua lembaga pada tahun 2016 yaitu MA banat dan MA banin Tajul Ulum, tidak bisa lepas dari berdirinya Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Brabo yang berdiri pada tahun 1941 M.

Awal mula cikal bakal Pesantren ini hanya mengelola santri putra, namun setelah di asuh oleh KH.Ahmad Baedlowi Syamsuri Lc.H, sekitar tahun 1990 berdiri pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Putri yang berorentasi pada Tahfidzul Quran ( yaitu metode pemahaman dan menghapal Al Qur’an 30 Juz) yang pada tahun 2004 tercatat mencetak kurang lebih 250 santri putri yang telah hapal Al-Qur’an 30 Juz.

Pondok Pesantren Sirbin inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Madrasah yang dikelola oleh Yayasan Tajul Ulum, yaitu pada tahun 1953 berdiri Madrasah Diniyyah Awaliyah, tahun 1960 berdiri Madrasah Diniyah Wustho, tahun 1975 berdiri Madrasah Tsanawiyah dan akhir tahun 1985 berdiri Madrasah Aliyah.

Pada awal berdirinya Madrasah Aliyah Tajul Ulum ( 1985) hanya mengelola 12 siswa dan setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup baik.

Pada tahun 1986 MA Tajul Ulum resmi tercatat di Kandepag Propinsi Jawa Tengah dengan status terdaftar dengan nomor piagam: Wk/S.d/146/Pgm/MA/1986 dan pada waktu itu pimpinan Madrasah adalah KH.M Anshor Syamsuri yaitu adik kandung KH A Baedlowi Syamsuri,Lc.H.
Pada tahun 1996 Madrasah Aliyah Tajul Ulum mengajukan permohonan Akreditasi untuk status diakui dan akhirnya dikabulkan dengan surat keputusan Direktur Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor : 69/E.IV/PP.03.2/KEP/VII/1996. Pada waktu itu kepala Madrasah dijabat oleh Drs.Nurhadi.

Dengan status diakui MA Tajul Ulum mengalami perkembangan jumlah siswa yang luar biasa. Mengingat perkembangan jumlah siswa yang begitu banyak serta tuntutan masyarakat, maka MA Tajul Ulum pada tahun pelajaran 2004/2005 telah membuka semua jurusan dengan tujuan merespon keinginan masyarakat akan tersedianya lembaga pendidikan yang memiliki perhatian yang lebih besar terhadap semua bidang ilmu.

Dan dengan banyak program pilihan berarti masyarakat dapat memilih alternatif jurusan yang ada untuk menunjang masa depanya. Dengan demikian Madrasah Aliyah Tajul Ulum sampai pada tahun pelajaran 2004/2005 ini telah memiliki program IPA, IPS, Bahasa, dan Keagaman
Dari sejarahnya, tampak jelas bahwa Madrasah Aliyah Tajul Ulum memiliki ikatan batin yang sangat kuat dengan Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin, sedangkan secara fisik letak antara keduanya berdampingan, diantara keduanya ibarat saudara sekandung yang saling menguntungkan karena siswa siswinya sebagian besar dari pondok pesantren yang ada disekitarnya. Disamping siswa siswi dapat bertempat di pondok ,juga mendapat tambahan ilmu-ilmu agama Islam seperti nahwu, shorof, fiqih, Al Qur’an dll. Yang bercirikan Ahlus sunah waljama’ah dengan menganut salah satu madzhab 4 yaitu Syafi’i, Hambali, Maliki dan Hanafi.