Sapa Penggiat Jurnalistik LPS Kristal

0
153

KRISTAL merupakan kependekan dari “Kreasi Siswa-Siswi MA Tajul Ulum” yang dikembangkan di MA Tajul Ulum Brabo. Lps Kristal Kristal lahir sekitar akhir tahun 2003 yang diprakarsai oleh siswa-siswi peduli literasi. Ketika awal berdiri, LPS Kristal dibimbing oleh Bapak K. M. Labib (Anafika) dan dinahkodai oleh Bapak M, Nasrudin Banget yang kini menjadi dosen di salah satu universitas di Lampung dan dibantu juga oleh kakak-kakak senior, diantaranya adalah Bapak H. Hanif Maimun (Remen Ayem) dari Brabo, Bapak Puji Utomo dari Mranggen, Bapak M. Sulhan, Ibu Zidni Sakinah Nuruddin dari Solo, Ibu Nimas Permata Putri, Bapak Besut Suryanto dari Solo dan masih senior lainnya.

Saat pertama kali terbit, Lps Kristal Kristal masih berupa media cetak sederhana dengan tampilan satu lembar kertas berlipat tiga, hampir mirip dengan brosur. Kolom guru selalu disajikan dibagian paling depan, dengan skala terbit sekali dalam sebulan dengan infaq Rp 200 ketika itu.

Periode kepungurusan pun berganti dengan kepemimpinan Bapak Himam Nasirudin dari Sragen beserta timnya, diantaranya adalah Bapak Nur Khotib yang kini tinggal di Solo, Ibu Ifti Farohat (Vety Ocha) dari Jepara, dan Bapak Ahmad Sa’id dari Karangwen. Pada periode ini, bentuk terbitan LPS Kristal mendapat sedikit perubahan dengan tampilan lipat dua. Meski ada perubahan, tetapi sistem cetak masih menggunakan sistem cetak yang sama yaitu cetak ofset dengan satu warna.

Dari masa ke masa, Lps Kristalal telah mengalami banyak perubahan. Misalnya dari sisi kepengurusan. Kepengurusan LPS Kristal pastinya terus berubah, hal ini juga merupakan konsekuensi jenjang pendidikan para pengurus yang juga meningkat. Sebut saja Bapak M. Fikri Nadzif, Bapa Basuki Ahmad, Sahabat Aldi Rizki Khoiruddin dari Jakarta, Sahabat Ilham Fadholi dari Grobogan, dan sekarang dipimpin oleh sahabat Ryand Hidayatulloh dari Grobogan.

Selain itu, sebagai konsekuensi dari dipecahnya lembaga tingkat Madrasah Aliyah oleh pihak Yayasan menjadi MA Tajul Ulum (Banin) dan MA Banat Tajul Ulum, maka lahirlah Lps EL Kataba sebagai pendamping media jurnalistik di MA Banat Tajul Ulum dan LPS Kristal kemudian hanya melakukan penerbitan di MA Tajul Ulum (Banin).

Dari sisi pengembangan media penerbitan, LPS Kristal kini telah memiliki tiga jenis media penerbitan. Pertama adalah Newsletter yang sekaligus digunakan sebagai media latihan oleh Tim LPS Kristal kelas X. Media ini terbit secara kondisional menyesuaikan perkembangan berita di madrasah dan sekitarnya. Yang kedua adalah buletin dengan tim kelas XI. Buletin ini terbit secara berkala setiap tiga bulan sekali dengan cover warna sebanyak 20 halaman. Majalah menjadi hasil terbitan ketiga dengan kurun waktu terbit satu tahun sekali. Majalah ini digarap secara bersama-sama antara tim kelas X dan XI.

Merambah ke dunia maya, LPS Kristal juga berkiprah di beberapa media sosial seperti facebook, istagram, youtube, dan issuu. Media sosial tersebut dimanfaatkan sebagai media informasi dari madrasah ke para alumni dan masyarakat secara umum yang dapat dibaca atau diunduh oleh warga net dengan mudah.

Demikianlah sebuah catatan singkat dari LPS Kristal. Kami yakin masih banyak cerita-cerita menarik dibalik perjalanan LPS Kristal dari para pengurus dan pembacanya. Oleh karena itu, sudilah kiranya bila para pengurus dan pembaca di periode sebelumnya untuk bisa membagikan kisahnya demi melengkapi kisah perjuangan LPS Kristal dalam berkhidmah.

Kritik, saran, dan komentar terus kami nanti demi membangun LPS Kristal menjadi lebih baik lagi.

Tag teman satu perjuangan kalian dan tinggalkan pesan penyemangat bagi pengurus LPS Kristal sekarang. Ok.

Terimaksih.

Salam