Tentang Sabar

0
298

Sahabat yag dirahmati Allah SWT, semoga hari ini menjadi hari yang baik untuk kita semua. Amin!
Tentang sabar, ya kali ini tausiyah sigkat membahas tentang sabar, yang kita tahu sabar menurut bahasa bearti menahan atau mengekang emosi dan hawa nafsu. Sebagaimana firman Allah SWT :

“Dan bersabarlah dirimu bersama dengan orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaannya dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka. (Qs. Al-Kahfi : 28)

Maksud ayat ini adalah sabar dalam artian menjalankan ibadah, baik itu shalat atau pun bekerja, jadi kita selaku hamba Allah SWT yang beriman padaNya harus mempunyai sifat sabar.

Tapi permasalahanya adalah mengapa umat islam banyak sekali  yang bersedih dan mengeluh saat diberikan cobaan atau ujian, baik berbentuk perintah ataupun larangan. Jawabnya adalah karena mereka tidak memiliki akhlak keimanan.

Alkisah, suatu saat Rasulullah SAW ditanya tentang iman, beliau menjawab ; “Iman adalah sabar”. Sebab kesabaran merupakan pelaksanaan keimanan yang paling banyak dan paling penting. Sebagaimana firman Allah SWT :

“…dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan , penderitaan dan dalam peperangan, mereka itulah orang-orang yang benar (imannya) dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa”. (QS. Al-Baqarah : 177)

Adapun pahala orang-orang yang bersabar yaitu surga dan pakaian sutra. Sebagaiman Allah berfirman :

“Dan dia memberikan balasan kepada mereka karena kesabaran mereka, dengan surga dan pakaian sutra ( QS. Al-Insan : 12)

Subhanallah, inilah balasan bagi orang-orang yang bersabar. Demikianlah pembahasan tausiyah singkat tentang sabar, semoga bermanfaat. Tunggu postingan berikutnya yah…. Insya Allah akan membahas macam-macam sabar dan kiat-kiat menjadi orang sabar.(kg.Arief)